Sabtu, 09 Juni 2012

Tugas Mata Kuliah Membaca Komprehensif

REPRODUKSI KARYA ILMIAH

A. Teks Asli

POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA MISKIN
DI PEDESAAN DAERAH TINGKAT II KABUPATEN SLEMAN

Oleh :
Rubino Rubiyanto
FKIP UMS

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola asuh anak dari keluarga miskin di daerah pedesaan. Pola asuh anak yang dimaksud mencakup (1) merawat dan mengasuh anak, (2) mendidik dan mengarahkan perilaku anak, (3) menanamkan kebiasaan pada anak, (4) melatih kedisiplinan, (5) menentukan keberhasilan pendidikan anak di masa depan. Data dalam penelitian kualitatif ini dikumpulkan dengan menggunakan In –depth interview.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (a) perawatan dan pengasuhan anak dilakukan sejak dalam kandungan. Perawatan bayi dilakukan oleh mbah dukun. Selanjutnya, perawatan dan pengasuhan anak menjadi tanggung jawab ibu sedang bapak bekerja mencari nafkah, (b) dalam mendidik dan mengarahkan perilaku anak orang tua menerapkan aturan, nasehat, perintah, dan latihan keterampilan, (c) menanamkan kebiasaan yang baik dimulai sejak anak berumur 4 tahun.

Kata kunci: pola asuh anak, kebiasaan, dan latihan.


 
B. Reproduksi

ABSTRAK
POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA MISKIN
DI PEDESAAN DAERAH TINGKAT II KABUPATEN SLEMAN

Rubiyanto, Rubino. 2002. “Pola Asuh Anak Dalam Keluarga Miskin
Di Pedesaan Daerah Tingkat II Kabupaten Sleman”. Dalam Jurnal Varidika, Vol. 14, Nomor 24, Juni 2002, 33-40.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh anak dalam keluarga miskin di pedesaaan Daerah Tingkat II Kabuapten Sleman, meliputi: cara orang tua dalam merawat dan mengasuh anak, mendidik dan membimbing anak, penanaman kebiasaan yang baik dan benar sesuai kaidah atau norma yang berlaku dan penanaman kedisiplinan pada anak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi  tingkat pencapaian keberhasilan anak khususnya dalam bidang pendidikan. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis model alur, yaitu: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perawatan dan pengasuhan anak dilakukan sejak dalam kandungan dan perilaku orang tua sangat mempengaruhi perkembangan anak dalam kandungan, khususnya dalam pembentukan karakter anak. Selanjutnya, dalam mendidik dan membimbing anak, orang tua mengajari anak agar dapat bertatakrama dengan baik dan benar terhadap orang yang lebih tua. Bahkan, orang tua juga menanamkan kedisiplinan pada anak sejak usia dini, dengan tujuan agar anak mempunyai kepribadian yang baik, sehingga hal ini dapat menunjang keberhasilannya di masa depan.

Kata kunci: pola asuh anak, kebiasaan, dan latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar