Rabu, 08 Mei 2013

Tugas Psikolinguistik

Analisis Psikolinguistik pada Tulisan di SD dan SMP




Identitas Sekolah:
- Nama Sekolah      : SD Negeri Langenharjo 02
- Alamat                  : Jl. Langenharjo - Baki No. 2, Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo
- Foto diambil pada :
       hari/ tanggal      : Sabtu/ 4 Mei 2013
       pukul                : 10.00 WIB


Berdasarkan tulisan ini, pada kata “Belajar dan Belajar”, terkesan ada unsur pemaksaan apabila ditafsirkan oleh anak SD karena mereka berpikiran bahwa kegiatan belajar itu hanya di sekolah. Mereka berpikiran bahwa kegiatan mereka di sekolah adalah belajar dan terus belajar. Akan tetapi, jika di analisis dari pikiran, perasaan, dan pengetahuan penulis dapat diartikan bahwa Tugas utama sebagai seorang siswa adalah belajar dan terus belajar. Belajar dalam artian tidak hanya belajar di sekolah, tetapi belajar dalam konteks yang lebih luas yaitu belajar dalam segala hal. Dari tulisan ini juga dapat ditafsirkan bahwa kita tidak boleh berhenti belajar, karena hakikat hidup ini adalah untuk belajar.



Penulis memberikan suatu nasehat kepada para pembaca, khususnya di sini adalah anak SD bahwa kecerdasan bukan segala-galanya. Kecerdasan tidak ada artinya apabila tidak diimbangi dengan sopan santun. Orang lain akan lebih menghargai kita karena perilaku baik yang kita miliki.





Identitas Sekolah:
- Nama Sekolah      : SMP Negeri 2 Kartasura
- Alamat                  : Jl. Achmad Yani No. 320 Pabelan Kartasura Telp. 0271-715571 KP 57162
- Foto diambil pada :
       hari/ tanggal      : Selasa/ 7 Mei 2013
       pukul                : 07.45 WIB

 
Pepatah jawa ini maknanya luar biasa, yang artinya janganlah mengaku bisa, tetapi seharusnya kita menjadi orang yang tahu diri. Penulis memberikan pesan kepada pembaca bahwa kita tidak boleh sombong, tetapi jadilah orang yang dapat memposisikan diri dan tidak berbuat seenaknya sendiri karena ada  norma-norma sosial yang harus kita patuhi.





Tulisan ini mengandung pesan bahwa untuk maju diperlukan kesatuan pikiran dan pandangan agar dapat mencapai tujuan bersama. Akan tetapi, tulisan ini mengandung makna lain karena tulisan ini ditempel di dekat ruang perpustakaan, yaitu jika kita bersama-sama mau meningkatkan pengetahuan kita dengan membaca, kita dapat bersama-sama mencapai kesuksesan/ membuka cakrawala dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar